PELUANG UNIVERSITAS HAMZANWADI MEMPEROLEH AKREDITASI UNGGUL

Ahad, 21 Mei 2017_Direktorat Jenderal kelembagaan Kementeriaan Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengundang 37 Perguruan tinggi yang akreditasinya B pada hari Ahad 21 Mei 2017 di hotel Grand Inna Kuta Denpasar. Salah satu perguruan tinggi yang diundang adalah Universitas Hamzanwadi yang diwakili oleh Direktur Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Padlurrahman, M.Pd. Pada acara dimaksud hadir pula Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Prof T. Basarah yang dikenal dengan nama Prof Chan, Prof Hermawan (Direktoral Belmawa) dan Prof Yogi (ITS), masing-masing menyampaikan materi tentang kebijakan akreditasi, perbaikan tata kelola dan sistem penjaminan mutu, dan kriteria akreditasi institusi A. Acara dibuka oleh Koordinator Kopertis Wilayah VIII Denpasar Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa.

Beberapa motivasi yang disampaikan pada peserta pada acara yang berlangsung selama 9 jam mulai pkl. 14.00 s.d. 22.00 antara lain : 1) Kunci untuk memperoleh A adalah integrity, taat azas dan berjuang untuk kualitas atau bekerja, 2) Kita jangan terlalu santai dengan pekerjaan rutinitas apalagi pekerjaan rutin saja tidak bisa selesai maka tidak mungkin kita akan menuju akreditasi A, 3) Word class university bisa diperoleh apabila akreditasi insitusi kita A, masuk 50 besar dikti, tata pamong yang sangat baik, SDM yang memiliki kinerja akademik yang sangat baik termasuk karirnya. Selain itu, informasi penting lainnya adalah : 1) Di  tahun 2020, bukan hanya hard skill yang dibutuhkan tetapi juga social skills, 2) BAN-PT mengupayakan adanya penyempurnaan proses akreditasi, 3) Sistem akreditas on-line menggunakan SAPTO per Juni 2017, dan 4) mulai tahun 2017, data PD Dikti akan terintegrasi dengan borang akreditasi.

Pada kesempatan yang sama Prof Yogi mengatakan bahwa 1) seluruh unsur pimpinan harus menguasai visi misi institusi, 2) seluruh unsur pimpinan menguasai standar sesuai dengan tugas dan fungsinya, 3) standar 1, 2, 3, 5 adalah area intervensi PT dan Area ini bisa dimaksimalkan, 4) budaya organisasi sebagai indikasi tata pamong sangat baik meliputi : aturan, tatacara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, 5) semua akan bernilai 4 (sangat baik) jika didukung dokumen, data dan informasi yang sahih dan andal, 6) sistem tata pamong menjamin terwujudnya visi, terlaksananya misi tercapainya tujuan berhasilnya strategi yang digunakan memenuhi 5 pilar yakni kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, adil, dan 7) hindari menugaskan tim dengan membagi standar, jika itu dilakukan harus ada tim  yang dibentuk untuk mensinkronkan semua standar.