Manual Mutu

Manual Mutu

Manual SPMI Universitas Hamzanwadi yaitu dokumen tertulis berisi petunjuk praktis tentang bagaimana menjalankan atau  melaksanakan SPMI di Universitas Hamzanwadi. Manual mutu ini mencakup 5 jenis yakni : 1) manual penetapan standar mutu, 2) manual pelaksanaan standar mutu, 3) manual evaluasi standar mutu, 4) manual pengendalian standar mutu, dan 5) manual peningkatan standar mutu.

         Penetapan StandarMutu.

Penetapan standar dilakukan oleh rektor Universitas Hamzanwadi. Penetapan ini dilakukan melalui langkah-langkah: a) menyiapkan bahan, b) melakukan bancmarking ke perguruan tinggi lain, c) menyelenggarakan pertemuan di tingkat institusi dengan mengundang program studi, d) merumuskan standar, e) membahas standar secara terfokus, f) melakukan ujicoba publik, f) melakukan perbaikan, h) menetapkan pemberlakukan. Perumusan standar harus memperhatikan aspek Audience (A), Behavior (B),Competence (C), dan Degree (D).

         Pelaksanaan Standar Mutu.

Pelaksanaan standar adalah tanggungjawab pihak-pihak yang menjadi subjek atau audience dari setiap standar yang dirumuskan. Pihak-pihak yang dimaksud antara lain: rektor, para wakil rektor, dekan, kepala pusat, kepala unit, ketua program studi, dosen, mahasiswa, dan sivitas akademika yang lain.

         Evaluasi Pelaksanaan Standar Mutu

Evaluasi pelaksanaan standar dilakukan untuk menilai apakah penyelenggaraan standar telah sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi dan standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh rektor Universitas Hamzanwadi. Evaluasi ini dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip SPMI yang telah disebutkan sebelumnya.

         Pengendalian Pelaksanaan Standar Mutu

Pengendalian merupakan tindaklanjut dari hasil evaluasi pelaksanaan standar yang telah dilakukan. Dapat dikatakan jenis dan bentuk pengendalian ditentukan dari hasil evaluasi yangtelah ditetapkan. Jika hasil evaluasi dipandang baik atau efektif maka langkah pengendaliannya hanya beruapa upaya agar hal positif ini tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya. Dan jika hal sebaliknya yang terjadi maka langkah pengendalian dilakukan dengan memberikan tindakan konstruktif dan korektif sehingga dapat dipastikan standar ini benar-benar dapat terpenuhi.

        Peningkatan Standar Mutu

Peningkatan standar berupa tindakan nyata yang dilakukan oleh Universitas Hamzanwadi untuk meningkatkan mutu sesuai standar yang telah ditetapkan. Peningkatan ini dilakukan dengan prinsipcontinuous quality improvement. Hal-hal yang dapat ditingkatkan adalah aspek behavior (apa yang dilakukan/aktivitas), competence (apa yang ingin dicapai), dan Degree (kapan hal-hal ini dilakukan)

Buku II tentang manual mutu didownload di sini