Direktur LP3M memimpin rapat koordinasi persiapan akreditasi Program Studi

LP3M, 16 Maret 2017. Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Hamzanwadi telah melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan akreditasi program studi di lingkungan Universitas Hamzanwadi. Kegiatan ini dilakukan dengan memperhatikan amanat Pemerintah melalui Permenristekdikti nomor 32 tahun 2016 tentang akreditasi program studi dan perguruan tinggi, khususnya pasal 47 ayat (2) bahwa pimpinan perguruan tinggi wajib mengajukan permohonan akreditasi ulang paling lambat 6 bulan sebelum masa berlaku status akreditasi dan peringkat terakreditasi prodi dan/atau perguruan tinggi berakhir. Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Padlurrahman, M.Pd selaku Direktur LP3M dan didampingi oleh Dr. Aswasulasikin, M.Pd. selaku sekertaris serta diikuti oleh ketua program studi PGSD, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Geografi. Masing-masing ketua program studi didampingi oleh 3 orang tim di tingkat program studi.

Pada rapat koordinasi ini, Direktur LP3M menyampaikan beberapa informasi, antara lain :1) Masa berlaku akreditasi Program Studi, 2)Masa penyampaian usulan Akreditasi Program Studi (APS), 3) Sesuai surat nomor 1041/BAN-PT/LL/2017 tanggal 24 Februari 2017 maka BAN-PT akan melakukan asesmen akreditasi melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi  On-line (SAPTO) mulai tanggal 1 Juni tahun 2017, 4) Penyampaian usulan APS dalam bentuk cetak (hard copy) tetap dilayani sampai tanggal 31 Maret 2017. Demikian juga dengan APT..5)  Instruksi Rektor : “Harus extra ketat pengawalan dan penguasaan materi serta kelengkapan berkas utk akreditasi kedepan” (WA, tertanggal 14 Maret 2017 pkl.10.16 Wita), 6) Tindaklanjut LP3M :(Pelatihan pengisian borang kepada tim penyusun borang program studi, Pendampingan pengisian borang dan bukti fisik oleh GKM fakultas, Membentuk tim pengisi borang fakultas, dan Simulasi paling sedikit 3 kali dengan rincian, dan 7) Pengiriman berkas secara on-line melalui SAPTO.

Pada saat diskusi dibuka, berbagai usulan disampaikan oleh ketua program studi, antara lain :1) Seluruh unit kerja di lingkungan Unievrsitas Hamzanwadi agar dapat memberikan dukungan kepada ketua program studi secara maksimal, 2) LP3M diharapkan dapat mendapingi program studi dalam mempersiapkan borang dan evaluasi diri program studi beserta bukti fisiknya, 3) Perlu ada pertemuan khusus antara LP3M dengan unit-unit terkait dalam rangka memenuhi kebutuhan program studi, antara lain : kepala perpustakaan, kepala P3MP, direktur kerjasama, kepala biro, dan lain-lain, 4) Kepada semua program studi agar menyiapkan berbagai usulan kebutuhan untuk dipelajri oleh unit terkait, 5) Bimtek borang program studi diusulkan untuk dilakukan mulai bulan Mei 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published.