CONTINUOUS QUALITY IMPROVEMENT MELALUI BIMTEK PENYUSUNAN BORANG AKREDITASI PROGRAM STUDI FARMASI

LP3M, 28 Oktober 2017. Direktur Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Hamzanwadi Dr. Padlurrahman, M.Pd. menghadiri undangan dekan Fakultas Kesehatan Universitas Hamzanwadi sebagai fasilitator pada persiapan penyusunan borang akreditasi program studi Farmasi. Kegiatan ini dihadiri oleh Dra. Hj. Hartini Haritani, M.Pd. (dekan Fakultas Kesehatan), Sulistia Ardyati (Ketua Program Studi Farmasi), seluruh dosen tetap program studi Farmasi. Sebagai pengantar bimtek, dekan Fakultas kesehatan mengatakan bahwa persiapan penyusunan borang akreditasi program studi Farmasi sangat penting dilakukan dan hari ini adalah hari pertama kita mendengarkan berbagai hal dari direktur LP3M terutama yang berkaitan dengan penelitian dan PkM yang terintegrasi dengan pembelajaran serta trik-trik dalam menyusun borang program studi. Disamping itu, perlu penguasaan terhadap seluruh butir borang sehingga target yang kita inginkan dapat terwujud.

Pada kesempatan itu, direktur LP3M menyampaikan beberapa materi antara lain : 1) jumlah penelitian dan PkM yang harus dihasilkan oleh dosen dalam 3 tahun terakhir, 2) beberapa jenis penelitian yang dapat dipilih oleh dosen, 3) publikasi ilmiah yang diakui dalam borang program studi, 4) perumusan dan penjelasan VMTS program studi, 5) Cara menjabarkan VMTS ke dalam RPJP, RPJM dan RIP program studi, 6) Cara menggunakan buku VI instrumen akreditasi, dan 7) Cara menggunakan SIMAK program studi.

Direktur LP3M juga mengatakan bahwa continuos quality improvement hanya dapat dijalankan bilamana seluruh komponen di program studi memiliki komitmen yang sama dan bekerjasama secara konsisten sesuai tugas dan tanggungjawab masing-masing. Tujuh standar yang akan diisi oleh taskforce hendaknya dapat dibahas/direview secara bersama-sama dengan memperhatikan indikator-indikator yang terdapat pada buku VI.